Bagaimana Promosi Penjualan Online dan Atmosfer Web Mempengaruhi Konsumen Muda dalam Pembelian Impuls Online
DOI:
https://doi.org/10.64425/f2c7rq09Kata Kunci:
pembelian impulsif daring, promosi penjualan, atmosfer web, suasana toko elektronik, konsumen muda, pasar, ShopeeAbstrak
Teknologi canggih memungkinkan terjadinya transaksi perdagangan melalui komputer dan ponsel pintar yang terhubung dengan internet. Akibatnya, konsumen semakin memilih untuk berbelanja secara daring karena alasan kepraktisan. Pembelian impulsif diperkirakan terjadi ketika konsumen mencari informasi produk secara daring. Namun, tidak semua konsumen mudah melakukan pembelian impulsif, meskipun terdapat suasana pasar daring yang menarik dan promosi penjualan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis pengaruh atmosfer web dan promosi penjualan daring terhadap keputusan pembelian impulsif secara daring di platform Shopee. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik purposive sampling, dengan fokus pada responden muda yang pernah melakukan pembelian tidak terencana di Shopee. Sampel terdiri atas 198 responden dari sebuah universitas swasta yang pernah melakukan pembelian impulsif di Shopee. Analisis regresi berganda (cross-sectional) digunakan sebagai alat analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa promosi penjualan daring dan atmosfer web memiliki pengaruh langsung yang signifikan terhadap pembelian impulsif secara daring di kalangan konsumen muda. Di antara kedua faktor tersebut, atmosfer web memiliki pengaruh yang lebih kuat karena meningkatkan kemudahan dalam menavigasi platform marketplace.

Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 MEDIANTARA: Indonesian Journal of Creative Business and Technology (IJCBT)

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.