Penerapan Metode Luther Sutopo dalam Pembuatan Augmented Reality Candi Muara Takus Berbasis Android

Penulis

  • Fina Nasari, S.Kom., M.Kom Politeknik Kampar Penulis
  • Yogi Sepdu Dehiya Politeknik Kampar Penulis
  • Yogi Anggara Politeknik Kampar Penulis

Kata Kunci:

Augmented Reality (AR), Candi Muara Takus, Blender, Unity, Vuforia

Abstrak

Pariwisata Indonesia mengalami pertumbuhan pesat dengan adanya berbagai destinasi lokal yang istimewa. Di Provinsi Riau, Kabupaten Kampar memiliki potensi wisata yang sangat berharga, termasuk Candi Muara Takus, situs sejarah Buddha Mahayana. Sayangnya, kurangnya promosi mengakibatkan situs ini belum dikenal secara luas. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi Augmented Reality (AR) berbasis Android yang menyajikan Candi Muara Takus secara interaktif, dengan menggunakan metode Luther-Sutopo yang mencakup tahap konsep, desain, pengumpulan materi, produksi, pengujian, dan distribusi, serta memanfaatkan Unity, Vuforia, dan Blender. Hasil pengujian aplikasi menunjukkan bahwa aplikasi AR berhasil diinstal dan dijalankan pada tiga perangkat Android-Tecno Pova 5, Oppo A18, dan Poco M3 Pro 5G dengan tingkat keberhasilan 100% di masing-masing perangkat. Pengujian kelayakan menggunakan Black Box Testing memastikan seluruh fitur aplikasi berfungsi sesuai harapan, termasuk navigasi dan fungsi keluar. Selain itu, pengujian marker menunjukkan bahwa sistem dapat membaca marker dengan baik jika setidaknya 50% dari gambar marker terlihat, sementara marker tidak terbaca pada keterbacaan 25%. Aplikasi AR ini bertujuan untuk memperkaya pengalaman menjelajahi Candi Muara Takus, menampilkan informasi candi secara interaktif, dan mendukung promosi wisata yang lebih luas. pengembangan aplikasi AR ini diharapkan juga dapat meningkatkan pemahaman dan penghargaan masyarakat terhadap sejarah Candi Muara Takus. Dengan demikian, aplikasi ini berpotensi menarik lebih banyak wisatawan dan mendukung pertumbuhan ekonomi lokal melalui sektor pariwisata.

Diterbitkan

2025-01-31